Selasa, 19 Juli 2011

Belajar Bass (Dasar)

 Gitar bass salah satu alat musik yang sangat berpengaruh dalam membuat komposisi musik, musik tanpa bass mungkin akan terdengar kurang, bagai sayur tanpa garam. Basic dari gitar bass adalah gitar biasa, jika anda mampu memainkan gitar maka anda akan lebih mudah untuk mempelajari gitar bass, hanya di gitar bass ada tehnik-tehnik yang berbeda untuk memainkannya ketimbang gitar biasa. Jika anda ingin belajar bass sebaiknya anda mempelajari tehnik dasar memainkan bass.






Di bawah ini beberapa tips belajar bass yang mungkin sdikit akan membantu anda.


  • Untuk langkah pertama cari informasi dasar-dasar belajar bass, bisa tanya teman yang udah jago, cari buku bass leasson, cari forum2 internet yang membahas belajar bass, atau juga bisa liat2 video di youtube.
  • Langkah ke-2 pelajari nada-nada di tiap senar : loss senar 1 adalah nada G, loss senar 2 adalah nada D,  loss senar 3 nada A dan loss senar empat nada E
  • Selanjutnya Latihan kord dasar (mayor n minor scales). Misal G Mayor tangga nadanya G-A-B-C-D-E-F#-G. Untuk lebih lengkapnya buka di arsip saya tentang mayor n minor scales atau tangga nada mayor minor.
  • Coba mainkan musik yang mudah untuk dipelajari, sering2 aja dengar musik dan perhatikan tuh suara bass-nya dan pelajari
  • Atau sebaiknya anda mengikuti les gitar bass dasar saja, karena jika anda udah menguasai dasar2 bass tak perlu les lagi anda akan mampu mempelajari tehnik2 gitar bass dengan mudah.
Yang pasti anda harus tekun/rajin berlatih, jangan cepat puas, sabar, dan CONTINUE untuk mempelajarinya, paling nggak 1-2jam setiap hari (minimal 2hari sekali).
Selamat mencoba, semangat dan semoga berhasil...!!

5 komentar:

  1. nyang vokal di updet dunk....pengen jadi vokalis handal nehhhhhh...

    BalasHapus
  2. di share lebih detil lagi gan ilmu ngebassnya :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal...
    Bagi yg ingin belajar bass secara lengkap silahkan ke www.belajarmainbass.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus
  4. brengsek lu udh aneh...cari untungnya jelek bgt, hina bgt hidup lu

    BalasHapus

no spam an no 'SARA'