Kamis, 14 Juli 2011

Gitar Bass

Gitar bass adalah alat musik jenis dawai, dan untuk menghasilkan suara yang dapat terdengar jelas gitar memerlukan listrik umtukmemperbsar suaranya,.Bentuk dari gitar bass sndiri menyerupai gitar listri biasanya, hanya bodynya lebih besar, stang lebih panjang dan biasanya menggunakan 4 senar. Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar). Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupacontra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.


Senar dan nada yang di gunakan:

  • gitar bass dengan 4 senar
    Biasanya gitar bass dengan 4 senar menggunakan stem-an : G-D-A-E atau G-D-A-D atau G-D-G-D atau tergantung si pemakai (Gitaris Bass)
  • gitar bass dengan 5 senar
    Biasanya gitar bass dengan 5 senar menggunakan stem-an : G-D-A-E-B (kebanyakan)
  • gitar bass dengan 6 senar
    Biasanya gitar bass dengan 6 senar menggunakan stem-an : A-B-C-D-E-F atau C-G-D-A-E-B (kebanyakan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

no spam an no 'SARA'